Dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia ) debat diartikan sebagai pembahasan dan pertukaran pendapat terkait suatu hal dengan cara saling memberi alasan demi mempertahankan pendapat tersebut. Sementara menurut pakar ilmu bahasa, Henry Guntur Tarigan, debat merupakan saling adu argumen (pendapat) antar pribadi ataupun kelompok yang bertujuan untuk mencapai kemenangan dari salah satu pihak. Asidi Dipodjojo juga menjelaskan pengertian debatdalam bukunya ‘Komunikasi Lisan’  sebagai proses komunikasi lisan untuk mempertahankan pendapat.

Tujuan Debat

Agar dapat memahami artian debat, maka ada baiknya Anda mengetahui tujuan dilakukannya suatu debat yang antara lain terdiri dari;

Untuk memenangkan argumen sehingga dapat dipertimbangkan ataupundiikuti oleh pihak lawan dan pemirsa debat.

Untuk menunjukkan kelebihan maupun pembenaran atas argumen sehingga gagasan lebih meyakinkan dan diterima.

Guna menanggapi sebuah isu ataupun persoalan melalui sudut pandang berbeda sehingga dapat membuka pola pikir dan sudut pandang orang lain.

UnsurDebat

Debat juga merupakan produk intelektual manusia, sehingga di dalamnya terdapat beberapa unsur yang wajib dipenuhi, antara lain;

Mosi; merupakan topik (bahasan ) yang hendak didebatkan dan bersifat konvensional dimana terdapat pihakpro dan kontra terhadapnya.

Pihak pro (afirmatif) sebagai pihak yang setuju dan mendukung suatu mosi dimana akan menjelaskan alasannya mendukung mosi tersebut lebih dahulu dalam suatu perdebatan.

Pihak kontra (oposisi ) sebagai pihak yang tidak setuju atas mosi yang akan menyanggah dan mengkritisimosi serta berbagai pernyataan dari pihak pro.

Pihak netral sebagai pihak yang akan memberikan pandangan objektif dan tidak memihak kepada pihakpro ataupun pihak kontra.

Moderatoryang berfungsi sebagai pemimpin dan menertibkan jalannya debat. Ia juga bertugas  membacakan mosi dan memperkenalkan pihak-pihak yang hendakn berdebat pada pemirsa.

Notulen yang bertugas mencatat proses jalannya debat secara keseluruhan . Notulen juga akan merumuskan isi argumentasi dari 3 pihak yang ada lalu menyimpulkan hasil debat.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengertian debat adalah suatu upaya untuk mendapatkan buah pemikiran terbaik terhadap suatu hal melalui berbagai sudut pandang dengan cara yang terstruktur. Hasil dari beradu gagasan tersebut diharapkan mempengaruhi pemirsa terhadap hal yang sedang dibahas.